RPP Bahasa Indonesia Kelas VIII Semester 1 KD 3.1 Dan 4.1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah             : UPT SMP N 5 Sutera
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : VIII/ Ganjil
Materi Pokok              : Teks Berita
Alokasi Waktu            : 3 X 40 ( 1xPertemuan)
A.      Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan mengahayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi gotong royong) santun percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4: Mengolah, menyajikan dan menalar dalam rana konkret (menggunakan mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur teks
Berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca.

- Siswa dapat menyebutkan pengertian berita.
- Siswa dapat menentukan unsur-unsur berita yang didengar atau di baca.
-Siswa dapat menentukan pokok-pokok berita.
4.1 Menyimpulkan isi berita (membanggakan dan memotivasi) yang dibaca dan didengar.
- Siswa dapat menulis kesimpulan dari berita yang didengar atau dibaca.
Nilai karakter yang ditumbuhkan : religius, cinta tanah air, cermat, santun, percaya diri, tekun, teliti, dan berani.
C.      Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah membaca atau mendengar berita, siswa dapat  dengan santun menyebutkan pengertian berita.
2.      Setelah siswa dapat menyebutkan pengertian berita, siswa dengan teliti siswa dapat menentukan unsur-unsur berita yang didengar atau dibaca.
3.      Setelah siswa dapat menentukan unsur-unsur berita yang didengar atau dibaca, siswa dengan tekun dapat menentukan pokok-pokok berita.
4.      Setelah siswa dapat menentukan pokok-pokok berita, siswa dengan percaya diri dapat menulis kesimpulan dari teks berita yang didengar atau dibaca.
D.      Materi Pembelajaran
Materi reguler
1.      Teks berita
2.      Pengertian teks berita
3.      Unsur-unsur dalam berita
4.      Langkah-langkah menyimpulkan isi berita
Materi pengayaan
Menyimpulkan isi berita secara lisan
Materi remedial
Menentukan pokok-pokok berita
E.       Pendekatan Pembelajaran
Saintifik
F.       Model Pembelajaran
Discovery Learning
G.      Metode Pembelajaran
1.      Tanya jawab
2.      Diskusi
3.      Discovery Learning
4.      Penugasan
H.      Media Pembelajaran
Audio pembacaan berita dan koran
I.         Sumber Belajar
Buku pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII kurikulum 2013, koran, dan media pendukung lainnya
J.        Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Karakter
Alokasi waktu
Pendahuluan
-Guru mengucapkan salam saat memasuki kelas.
-Siswa melakukan doa sebelum belajar (dipimpin oleh seorang siswa).
-Siswa membaca asma ul husna secara bersama-sama.
-Guru mengecek kehadiran siswa dan meminta siswa. mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan sebelum belajar.
-Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk semangat belajar pada hari ini.
-Siswa menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
-Siswa menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah-langkah pembelajaran, metode penilaian, yang akan dilaksanakan.

Religius



30 Menit
Inti
Langkah 1
-Siswa dengan cermat mengamati audio pembacaan berita.
-Siswa juga dengan cermat mengamati berita yang ada di koran.
-Siswa dengan santun memberikan informasi hal-hal yang berkaitan dengan berita secara umum.
-Siswa dengan percaya diri menarik pengertian berita berdasarkan pengetahuan umumnya tentang berita.
-Siswa dengan tekun menerima informasi tentang unsur-unsur berita (5W+1H).
Description: Hasil gambar untuk unsur teks berita
Langkah 2
-Siswa dengan teliti membaca teks berita dikoran.
-Siswa dengan tekun menentukan unsur-unsur berita yang dibaca.
-Siswa dengan percaya diri menemukan pokok-pokok berita yang dibaca.
-Siswa menulis kesimpulan isi teks berita yang dibaca
-Siswa dengan santun menanyakan hal yang kurang paham kepada guru.
-Siswa dengan berani mengkomunikasikan di depan kelas hasil kesimpulan berita yang sudah ditulis.
-Siswa yang lain dengan cermat mengamati temannya membacakan tugasnya didepan kelas.
Langkah 3
-Guru memberikan apresiasi kepada siswa yang berani tampil di depan kelas
-Guru memberikan penguatan terhadap tugas yang sudah ditulis.
-Guru memberikan motivasi agar siswa selalu terampil dalam berbicara di depan kelas.

Cermat

Santun

Percaya diri
Tekun








Teliti
Tekun

Percaya diri

Santun

Berani

Cermat

70 Menit
Penutup
-Siswa bersama guru dengan santun menyimpulkan pelajaran tentang teks berita pada hari ini.
-Guru kembali memberi apresiasi kepada siswa yang selalu aktif di dalam kelas.
-Guru mengajak siswa mengucapkan syukur karena telah selesai melaksanakan pelajaran bahasa Indonesia pada hari ini.
-Guru mengucapkan salam sebelum meninggalkan ruangan.
Santun
20 Menit
Penugasan :
1.      Tentukanlah pokok-pokok berita yang dibaca!
2.      Tulislah kesimpulan berita berdasarkan pokok-pokok berita yang dibaca!

K.      Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.      Sikap Spritual
No
Teknik
Bentuk Instrument
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Catatan Jurnal
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pencapaian pembelajaran
b.      Sikap Sosial
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Catatan Jurnal
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pencapaian pembelajaran
2
Penilaian diri
Catatan Jurnal
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pencapaian pembelajaran
3
Penilaian antar teman
Catatan Jurnal
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pencapaian pembelajaran
c.       Pengetahuan
No
Teknik
Indikator
Penilaian
Skor
1






2
Lisan






Tulisan
-Siswa dapat menyebutkan pengertian berita.




-Siswa dapat menentukan unsur-unsur berita yang dibaca atau didengar.


-Siswa dapat menentukan pokok-pokok berita.

-Siswa dapat menyebutkan secara lengkap.
-Siswa menyebutkan sebagian.
-Siswa tidak menyebutkan sebagian dengan terbata-bata.
-Siswa tidak dapat menyebut.

-Siswa dapat menuliskannya secara lengkap (6 unsur)
-Siswa dapat menuliskan sebagian (4-5 unsur)
-Siswa dapat menuliskan (1 – 3 unsur)
-Siswa tidak dapat menuliskan.

-Siswa dapat menuliskannya secara lengkap
-Siswa dapat menuliskan sebagian
-Siswa dapat menuliskan beberapa saja
-Siswa tidak dapat menuliskan.
100

90 – 95
80 – 89

74

100

90 – 95

75 – 80
74

100

90 – 95
75 – 80

74
d.      Keterampilan
No
Teknik
Indikator
Penilaian
Skor
1






2
Tulisan






Lisan
Siswa menuliskan kesimpulan isi berita




Berbicara didepan kelas menyampaikan kesimpulan isi berita
Kelengkapan Kesimpulan
Lengkap
Kurang lengkap
Tidak lengkap
Ejaan
Tanda baca

Kelengkapan Kesimpulan
Lengkap
Kurang lengkap
Tidak lengkap

95- 100
85- 90
75-80




95- 100
85- 90
75-80
2.      Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk:
a.       Bimbingan perorangan jika siswa belum tuntas ≤20%
b.      Belajar kelompok jika siswa belum tuntas antara 20% dan 50%
c.       Pembelajaran ulang jika siswa belum tuntas ≥50%
3.      Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajari soal-soal PAS.


Mengetahui,                                                                            Tanjung Gadang,  Juni 2019
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Bidang Studi,





EFENDI, S.Pd                                                                       PUTRI DEWI SUSANTI, S.Pd
NIP. 196312241984121001


Komentar